MANUSIA DALAM BERBAGAI PERSPEKTIF
Pandangan
teori sekuler (lepas dari peran agama/ sumber informasi dari kitab suci)
tentang proses penciptaan/ kejadian manusia
Teori sekuler yang terkenal
dalam kejadian manusia adalah teori evolusi, bahwa jenis-jenis hewan dan
tumbuhan yang sekarang tidak lahir menurut wujud yang sekarang ini tetapi
merupakan suatu bentuk dari yang sangat panjang , berlaku juga untuk manusia.
Buku Charles Darwin the
origin of species Yaitu yang membahas teori evolusi. Teori evolusi adalah
suatu proses berangsur-angsur yang berkesinambungan dimana seleksi alam
memainkan peranan yang sangat mandasar.
Teori
evolusi mendapat kecaman dari islam karena tidak sesuai dengan berita yang
dibawa oleh Al Quran
§ Menurut islam ( al Mukminun : 12-14)
12. Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati
(berasal) dari tanah.
13. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam
tempat yang kokoh (rahim).
14. Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal
darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan
tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian
Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah,
Pencipta Yang Paling Baik.
§ Al Hajj : 5
5. Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari
kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah,
kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari
segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami
jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki
sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi,
kemudian (dengan berangsur- angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di
antara kamu ada yang diwafatkan dan (adapula) di antara kamu yang dipanjangkan
umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang
dahulunya telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila
telah Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan
menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah.
§ Fathir : 11
11. Dan Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani,
kemudian Dia menjadikan kamu berpasangan (laki-laki dan perempuan). Dan tidak
ada seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan
dengan sepengetahuan-Nya. Dan sekali-kali tidak dipanjangkan umur seorang yang
berumur panjang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan)
dalam Kitab (Lauh Mahfuzh). Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allah adalah
mudah.
Dan banyak
kelemahan :
1. Missing Link yaitu putusnya hubungan atau
tidak ditemukan jenis antara bangsa kera dengan jenis manusia
2. Kera-kera di hutan masih ada, tidak ada yang berevolusi menjadi manusia
3. Teori Finalisme yang berargumen bahwa pada manusia tidak mengalami
evolusi ( menyalahi teori evolusi) karena otak manusia sudah memiliki volume
1.350-1.400 cc.
·
Menurut teori psikoanalisis, manusia
sebagai homo valens (manusia berkeinginan) yaitu manusia mempunyai perilaku
hasil interaksi antara komponen biologis (id), psikologis (ego) dan sosial
(superego), di dalam manusia terdapat unsur animal (hewani), rasional (akali),
dan moral(nilai)
·
Menurut teori behaviorisme, manusia
sebagai homo mechanicus (manusia
mesin) lahir sebagai reaksi dari introspeksionisme
(aliran yang menganalisis jiwa manusia berdasarkan laporan-laporan
subyektif dan aliran psikoanalisis).
Behaviorisme menganalisis perilaku yang tampak saja (yang diukur,
dilukiskan dan diramalkan), segala tingkah laku manusia terbaentuk dari hasil
proses pembelajaran terhadap lingkungannya bukan aspek rasional dan
emosionalnya.
·
Menurut teori kognitif, manusia sebagai
homo sapiens (manusia berpikir) yaitu
tidak memandang manusia sebagai makhluk yang bereaksi pasif terhadap
lingkungannya tetapi sebagai makhluk yang selalu berusaha memahami
lingkungannya (makhluk yang selalu berpikir).
·
Menurut teori humanisme, manusia
sebagai homo ludens (manusia
bermain), aliran ini mengecam teori psikoanalisis
dan teori behaviorisme karena
tidak menghormati manusia sebagai manusia (tidak dapat menjelaskan aspek
eksistensi manusia yang positif seperti cinta, kreatifitas, nilai, makna, dan
pertumbuhan pribadi). Menurut teori humanisme bahwa manusia berperilaku untuk
mempertahankan, meningkatkan, dan mengaktualisasikan diri.
Proses
penciptaan/ kejadian manusia (siapa kita ini) ?
v Manusia sadar bahwa dirinya berbeda dengan binatang
v Manusia tidak berbeda dengan binatang dalamkaitan ddengan fungsi tubuh
dan fisiologisnya.
Contoh:
Bangsa monyet ( primate / ramapitecus). Charles darwin evolusi
v Setinggi-tinggi perkembangan binatang,elemen-elemen dasar
eksistensinyayang tertentu masih tetap sama. Contoh : ayam dalam mencari maka,
cara sapi makan
v Informasi tertulis mengenai manusia terlacak pada masa pemikir romawi
kuno, konon dimulai dari Thales (abad 6 SM)
v Dua teori kejadian manusia, 1. Teori Cosmozoa, yaitu bahwa manusia
berasal dari luar angkasa. 2. Dari bumi (tanah) tempat manusia berpijak
v Manusia menurut ilmu pengetahuan adalah kumpulan fungsi organ yang
terdiri dari sel-sel daging, tulang, saraf, dan lain-lain (materi) yang
membentuk jazad. Organisme ini terbentuk melalui proses bertemunya sperma dan
ovum dalam rahim ibu yang tumbuh secara evolusi. Setelah sempurna akan lahir
sebagai seorang bayi.
v Manusia menurut islam ( al Mukminun : 12-14)
12. Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati
(berasal) dari tanah. 13. Kemudian
Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh
(rahim). 14. Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal
darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan
tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian
Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah,
Pencipta Yang Paling Baik.
1. Sari pati tanah ( min sulaalatin min tiin)
2. Sperma (nutfah)
3. Segumpal darah (‘alaqah)
4. Segumpal daging (mudghah)
5. Tulang beluleng (‘idhaman)
6. Tulang belulang dibungkus daging (lahma)
7. Makhluk berbentuk lain (halqan akhar)
As
Sajdah : 8 “8. Kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati
air yang hina.”
Al Qiyamah : 37 “37. Bukankah dia dahulu setetes mani yang ditumpahkan
(ke dalam rahim),
Saat manusia
homo religius di muka bumi
Ø Homo religius (manusia beragama)
Ø Surat Al A’raf : 11
11. Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu Kami bentuk
tubuhmu, kemudian Kami katakan kepada para malaikat: "Bersujudlah kamu
kepada Adam", maka merekapun bersujud kecuali iblis. Dia tidak termasuk
mereka yang bersujud.
Asal usul
kehidupan
Ø Surat Al Anbiya’ : 30
30. Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya
langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami
pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup.
Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?
Fungsi dan
tujuan hidup
Perbandinngan antara manusia dan hewan
Persamaan (dari segi hidup lakunya)
Ø Vegetatif yaitu melakukan perkawinan untuk kelangsungan hidup,
melakukan gerakan sendiri, bernafas dan makan
Ø Melakukan pengindraan dengan alat indra
Ø Mempunyai perasaan kemauan,juga sanggup berpikir pada binatang kelas
tinggi
Persamaan (dari segi instink biologisnya)
Ø Makan untuk mempertahankan hidup
Ø Naluri mempertahankan diri dari bahaya
Ø Naluri keturunan
Ø Naluri takut dan benci
Perbedaan
Dalam hal naluri terletak pada
factor volume ( kemampuan mengembangkan naluri ) manusia mampu mengembangkan
naluri sedangkan binatang bersifat tetap. Contoh : mencari makan pada manusia
dan ayam, ayam berabad abad tetap memakai cakar dan dengan kaki untuk mengais
tanah dalam mencari makan.
Perbedaan fundamental
Dalam hal naluri adalah pada
norma-norma (etika, aturan) atau kode etik adanya pernikahan.
Perbedaan menyeluruh antara manusia dan hewan
Manusia dikaruniai
akal (hayawanun natiq/ hewan yang berpikir), sedang hewan tidak dikaruniai
akal. Walaupun demikian akal nisbi sehingga manusia butuh bimbingan dan
petunjuk yang benar dan dan bernilai absolute (mutlak) tentunya harus berasal
dari Allah.
Contoh : UUD
diamandemen
Peranan perilaku bawaan pada hewan
Peranan perilaku bawaan pada
hewan relative tetap, hewan hanya berperilaku sesuai naluri yang diwariskan
induknya, tidak akan menggunakan alat lain di luar anngota tubuhnya.
Manusia makhluk berbudaya
Karena manusia diberi akal maka
manusia mampu melakukan cipta, rasa, dan karsa (kemauan).
Hilangnya perilaku bawaan pada manusia
Yaitu setelah manusia mampu
menggunakan peralatan-peralatan lain (di luar) anggota tubuhnya untuk memenuhi
kebutuhannya.
Fungsi manusia
§ Sebagai khalifah (utusan /wakil)
yang bertugas memakmurkan bumi dan menajadi rahmatan lil’alamin
107. Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat
bagi semesta alam. (al anbiya’ : 107)
§ Sebagai hamba Allah yang
harus beribadah. Adz Dzariat : 56
56. Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka
mengabdi kepada-Ku.
§ Tujuan hidup manusia
Ø Menurut sosial kemasyarakatan yaitu mencari ketenaangan, kesejahteraan
dalam berinteraksi dengan masyarakat dunia
Ø Menurut agama yaitu menjadi insan kamil, manusia yang sempurna dan
terpenuhi kebutuhan lahir batin yang diridhoi Allah (mardlotillah).
Hak dan kewajiban
Ø Hak adalah wewenang moral untuk mengerjakan, meninggalkan, dan menuntut
sesuatu
Ø Kewajiban adalah sesuatu yang hareus dilakukan
Hak manusia
Ø Hak diri (hak hidup)
Ø Hak milik (hak untuk memiliki sesuatu)
Ø Hak untuk mendapatkan penghasilan
Kewajiban
Ø Terhadap Allah (beribadah kepada Allah dengan melaksanakan perintah dan
menjauhi larangan ). Surat Adz Dzariat : 56
56. Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka
mengabdi kepada-Ku.
Ø Kewajiban terhadap diri sendiri (menjaga diri dan keluarganya dari api
neraka) Surat At Tahrim : 6
Hai orang-orang yang beriman,peliharalah dirimu dan keluargamu dari api
neraka
Ø Kewajiban terhadap masyarakat (manjalin shilaturrahim, gotong royong,
dan kerja sama dalam kebaikan. Surat Al Maidah : 2
Dan tolong menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa,
dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.
Ø Kewajiban terhadap alam (memelihara, memanfaatkan, dan melestarikan).
Surat Ar Rum : 41
41. Telah nampak kerusakan di
darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supay Allah
merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka
kembali (ke jalan yang benar).
Pertemuan
ketiga
Ø Kebutuhan manusia akan agama : bahwa manusia membutuhkan bimbingan atau
petunjuk yang bernilai absolut mutlak) sesuatu yang absolut mesti dari yang
maha absolut yaitu Allah yang lengkap (kaffah) ada dalam ajaran islam tanpa
mengalami perubahan. Contoh : amandemen UUD (ada perubahan).
Ø Pengertian agama
·
Dari bahasa sansekerta a artinya
tidak, gama artinya pergi, kacau, jadi agama artnya tidak kacau atau tidak
pergi (turun temurun)
·
Dari Latin (religare) berarti
mengikat yaitu ikatan manusia dengan suatu tenaga gaib (kudus)
·
Sebuah agama biasanya melingkupi 3
persoalan pokok :
1.
Keyakinan (kredial) yaitu
keyakinan akan adanya suatu kekuatan
supranatural yang diyakini mengatur dan
mencipta alam
2.
Peribadatan (ritual) yaitu tingkah
laku manusia dalam berhubungan dengan kekuatan supranatural tersebut sebagai
konsekuensi atau pengakuan dan ketundukannya
3.
Sistem nilai yang mengatur
hubungan manusia dengan manusia lainnya atau alam semesta yang dikaitkan dengan
keyakinan tersebut.
Ø Agama samawi maksudnya agama yang ajarannya diturunkan dari langit oleh
Allah, yaitu: islam, (yahudi dan nasrani / bukan agama).
Ø Agama ardhi / agama budaya maksudnya agama yang ajarannya berdasarkan
hasil pemikiran manusia, misal : hindu, budha, khong hu chu, sinto, dll.
Ø Beda agama samawi dan agama ardhi yaitu agama samawi ajarannya dari
Allah, memiliki kitab suci dan memiliki nabi (rasul), ciri demikian tidak
terdapat pada agama ardhi.
Ø Peranan agama bagi kehidupan manusia (sebagai pendidikan akhlaq,
pembawa ketentraman dan kebahagiaan, motivator pembangunan).
Ø Peran agama sebagai pendidikan akhlaq : agama dapat membentuk akhlaq
(sikap dan perbuatan) yang mengarah kepada kebenaran dan terpuji (akhlaqul
mahmudah).
Ø Peran agama sebagai pembawa kebahagiaan dan ketentraman : maksudnya
agama islam dapat memberikan aturan yang pasti (absolute) / mutlak dan
univaersal bagi manusia baik berhubungan dengan Allah (hablum minallah), dengan
sesama manusia (hablum minannas), maupun kepada alam. Yang isi dadi agama itu
(aqidah, ibadah, muamalah dan akhlaq) sedang tauhid (aqidah) sebagai inti dari
pada agama islam yang mendorong terbentuknya insan kamil yang kaffah (total).
Ø Peran agama sebagai motivator pembangunan : agama islam pemberi
petunjuk, perintah, dan larangan kepada manusia mengenai pola kehidupan yang
diridhai Allah untuk mewujudkan kedamaian, kemakmuran, kesejahteraan lahir dan
batin dunia akherat.
Ø Agama sebagai fitrah manusia : bahwa fitrah (potensi ketuhanan) sudah
dibawa sejak lahir dan tidak berubah sampai akhir zaman. Surat Al A’raf : 172
172. Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak
Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka
(seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab:
"Betul (Engkau Tuban kami), kami menjadi saksi." (Kami lakukan yang
demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak terhadap ini (keesaan Tuhan)",
SEJARAH AGAMA
ADAM
-
Banyak penyelewengan
IDRIS
-
Banyak penyelewengan
NUH
-
Banyak penyelewengan
(gletser, es laut utara mancair)
ISA---- MUHAMMAD
CATATAN :
-
Tidak membawa ajaran baru
-
Meneruskan pesan agama tauhid
-
Ajaran semua nabi-nabi dari Adam sampai Muhammad
Pertemuan kelima
Pengertian Dienul Islam
Secara bahasa dienul artinya undang-undang,
agama, peraturan, perhitungan, nasehat dll.
Secara istilah dienul islam adalah apa-apa
yang terdapat Al Qur’an dan termuat dalam hadits yang sahih yang berisi
perintah, petunjuk dan larangan untuk kemaslahatan umat manusia di dunia dan
akhirat
Tujuan Dienul Islam
1. Agar setiap muslim mentaati peraturan Allah dan RasulNya.
2. Agar setiap muslim beriman kepada Allah beraqidah yang benar,
menghindari kemusrikan, takhayul dan khurafat.
3.
Agar setiap muslim bertakwa,
beribadah sesuai dengan tuntunan syariat yang didasarkan atas kemampuannya
sebagai muslim.
4.
Agar setiap muslim berakhlaq mula,
beramal shaleh, bergaul dan memelihara hubungan dengan semua makhluk Allah,
juga memelihara alam dan lingkunganny untuk memperoleh kedamaian dan
ketentraman.
Ruang
Lingkup Dienul Islam
1.
Iman ( Rukun Iman )
2.
Islam ( Rukun Islam )
3.
Ihsan ( beribadahlah kepada Allah
seolah-olah kamu melihatnya ( tentunya tidak mungkin ) maka yakinlah bahwa
Allah melihat kita dalam beribadah.
Ciri-ciri
Dienul Islam
1.
Islam sebagai agama fitrah
2.
Islam sebagai pedoman hidup
3.
Islam sebagai penyempurna agama
lain
4.
Islam sebagai agama yang universal
5.
Syariat ( hukum / aturan agama )
mutlak / absolut tidak berubah sepanjang masa
Pertemuan keenam
Pengertian
Aqidah
Secara
etimologi aqidah dari kata aqada,
yuqidu, aqidatan artinya tali yang kuat, keyakinan.
Secara
terminologi aqidah adalah keyakinan
kuat yang menghujam dalam hati dan tiada keraguan sedikitpun.
§ Sumber aqidah adalah Al Qur’an dan Al Hadits
§ Fungsi aqidah adalah sebagai way of life ( pegangan hidup ) untuk keselamatan
manusia hidup di dunia dan akherat.
Pengertian
ibadah
Ibadah ( bahasa ) artinya taat, tunduk, merendahkan diri.
( istilah ) adalah bertaqarrub / mendekatkan dirikepada Allah dengan menaati segala
perintahNya, menjauhi segala laranganNya dan mengamalkan segala yang
diizinkanNya.
Ibadah
dibedakan menjadi dua :
Ibadah Umum ( berkaitan dengan muamalah duniawiyah ) yaitu segala amalan yang
diizinkan Allah.
Ibadah Khusus ( ibadah mahdlah ) yaitu ibadah yang telah ditetapkan
perincian-perinciannya, tingkah laku dan cara-caranya yang tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar