Kamis, 19 Desember 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah         : . . . . . . . . . .
Mata Pelajaran         : Matematika
Kelas/ Semester       : X/ I
Alokasi Waktu         : 2 x 40 menit ( 1 pertemuan )
A.     Standar Kompetensi : Merancang Masalah yang Berkaitan dengan Sistem Persamaan Linear.
B.     Kompetensi Dasar : 3.3. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya.
C.     Indikator
1.      Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
2.      Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel
D.    Tujuan Pembelajaan :
1.      Peserta didik dapat Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.
2.      Peserta didik dapat Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel.
Karakter peserta ddik yang diharapkan : Berpikir kritis
     Tanggung jawab
     Disiplin
     Tekun
E.     Materi Ajar
Soal-soal yang diambilkan dari Buku “Matematika SMA dan MA kelas X” yang disusun oleh Kuntarti

F.      Metode Pembelajaran :
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
G.    Langkah-Langkah Kegiatan
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.       Apersepsi : menyampaikan tujuan pembelajaran
b.      Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini
2.      Kegiatan Inti :
a.       Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
1)      Guru mengerjakan beberapa contoh soal dan menjelaskannya
2)      Peserta didik mencermati pembahasan soal dan juga penjelasan dari guru
b.      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
1)      Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal
2)      Guru meminta siswa menuliskan hasil pekerjaannya di depan kelas
c.       Konfirmasi
Guru bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
3.      Kegiatan Akhir
Guru bersama siswa bertanya jawab untuk meluruskan kesalahpahaman dan memberi penguatan
H.    Sumber Belajar
Buku “MATEMATIKA SMA DAN MA” yang disusun oleh Kuntarti
I.       Penilaian Hasil Belajar
Bentuk Instrumen Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
1.      Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.
2.      Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel.
Tes tertulis



Tes tertulis
Tes uraian



Tes uraian
J.      Teknik Bentuk Instrumen
Kisi-kisi instrumen
No
Indikator
No Soal
1



2
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.

Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel.
1

6

Soal
1.      Doni sangat ingin memebeli segelas jus apel dan sepotong kue keju dari sebuah toko. Tapi ia khawatir uangnya yang Rp7.000,00 tidak mencukupi. Toko itu tidak mencantumkan harga-harganya, sementara itu doni merasa segan untuk bertanya pada pelayan toko. Lalu ia mengamati orang-orang yang membeli jus apel dan kue keju. Ia perhatikan bahwa seseorang membayar Rp18.000,00 untuk 3 gelas jus apel dan 2 potong kue keju, dan yang lain membayar Rp16.000,00 untuk 1 gelas jus apel dan 4 potong kue keju. Coba carilah suatu cara untuk menentukan harga satuan dari jus apel dan kue keju tersebut! Lalu berilah saran kepada Doni apakah ia bisa membeli segelas jus apel dan sepotong kue keju?
6.      Rudi, Nina, dan Ilham baru saja kembali dari toko buku. Mereka membeli tiga barang yang sama, yaitu buku tulis, pulpen, dan pensil. Rudi membeli 3 buku tulis, 2 pulpen, dan 4 pensil lalu membayar Rp12.00,00. Nina membeli 5 buku tulis, 2 pulpen, dan juga membayar Rp12.000,00. Sementara itu Ilham membeli 2 buku tulis, 4 pulpen, dan 3 pensil lalu membayar Rp13.000,00. Andi yang baru datang menyatakan sangat berminat untuk membeli barang yang sama dengan ketiga anak itu. Ia lalu bertanya “Jadi, berapa harga satuan dari buku,pulpen, dan pensil?” Ternyata ketiga anak itu tidak mengetahui harga satuan barang yang mereka beli, coba kamu bantu mereka menyelesaikan masalah ini!
K.    Pembahasan
1.      Misal : jus apel = x
Kue keju = y
                              Uang = Rp7.000,00
     
3x + 2y
=
18.000
1
3x + 2y
=
18.000
x + 4y
=
16.000
3
3x + 12y
=
-
 
48.000



y
 
-10y
=
-30.000
=
3000
Substitusikan nilai y ke salah satu persamaan :
x + 4y            = 16.000
x + 4( 3000 ) = 16.000
x + 12.000     = 16.000
x                    = 4.000
Model matematika untuk segelas jus apel dan kue keju yaitu :
x + y  = 3.000 + 4.000 = 7.000







      Mengetahui,                                                   ..........., ......, ....20....
Kepala SMA/ MA ......                                        Guru Mapel Matematika


(....................................)                                        (........................................)

NIP/ NIK:.....................                                        NIP/ NIK:........................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar