RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : . . . . . . . . . .
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/
Semester : X/ I
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit ( 1 pertemuan
)
A.
Standar
Kompetensi : Merancang Masalah yang Berkaitan
dengan Sistem Persamaan Linear.
B.
Kompetensi
Dasar : 3.3. Menyelesaikan model matematika
dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya.
C.
Indikator
1. Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua
variabel
2. Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
tiga variabel
D.
Tujuan
Pembelajaan :
1. Peserta
didik dapat Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan
sistem persamaan linear dua variabel.
2. Peserta
didik dapat Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan
sistem persamaan linear tiga variabel.
Karakter
peserta ddik yang diharapkan : Berpikir kritis
Tanggung jawab
Disiplin
Tekun
E.
Materi
Ajar
Soal-soal yang
diambilkan dari Buku “Matematika SMA dan MA kelas X” yang disusun oleh Kuntarti
F.
Metode
Pembelajaran :
1. Ceramah
2. Tanya
jawab
G.
Langkah-Langkah
Kegiatan
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Apersepsi
: menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Memotivasi
peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi
ini
2.
Kegiatan
Inti :
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi:
1) Guru
mengerjakan beberapa contoh soal dan menjelaskannya
2) Peserta
didik mencermati pembahasan soal dan juga penjelasan dari guru
b. Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi :
1) Guru
meminta siswa untuk mengerjakan soal
2) Guru
meminta siswa menuliskan hasil pekerjaannya di depan kelas
c. Konfirmasi
Guru bertanya tentang
hal-hal yang belum diketahui oleh siswa
3.
Kegiatan
Akhir
Guru bersama siswa
bertanya jawab untuk meluruskan kesalahpahaman dan memberi penguatan
H.
Sumber
Belajar
Buku “MATEMATIKA SMA
DAN MA” yang disusun oleh Kuntarti
I.
Penilaian
Hasil Belajar
Bentuk Instrumen
Kompetensi
|
Penilaian
|
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
|
1. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan
sistem persamaan linear dua variabel.
2. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan
sistem persamaan linear tiga variabel.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Tes uraian
Tes uraian
|
J.
Teknik Bentuk Instrumen
Kisi-kisi
instrumen
No
|
Indikator
|
No Soal
|
1
2
|
Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear
dua variabel.
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel.
|
1
6
|
Soal
1. Doni
sangat ingin memebeli segelas jus apel dan sepotong kue keju dari sebuah toko.
Tapi ia khawatir uangnya yang Rp7.000,00 tidak mencukupi. Toko itu tidak
mencantumkan harga-harganya, sementara itu doni merasa segan untuk bertanya
pada pelayan toko. Lalu ia mengamati orang-orang yang membeli jus apel dan kue
keju. Ia perhatikan bahwa seseorang membayar Rp18.000,00 untuk 3 gelas jus apel
dan 2 potong kue keju, dan yang lain membayar Rp16.000,00 untuk 1 gelas jus
apel dan 4 potong kue keju. Coba carilah suatu cara untuk menentukan harga
satuan dari jus apel dan kue keju tersebut! Lalu berilah saran kepada Doni
apakah ia bisa membeli segelas jus apel dan sepotong kue keju?
6. Rudi,
Nina, dan Ilham baru saja kembali dari toko buku. Mereka membeli tiga barang
yang sama, yaitu buku tulis, pulpen, dan pensil. Rudi membeli 3 buku tulis, 2
pulpen, dan 4 pensil lalu membayar Rp12.00,00. Nina membeli 5 buku tulis, 2
pulpen, dan juga membayar Rp12.000,00. Sementara itu Ilham membeli 2 buku
tulis, 4 pulpen, dan 3 pensil lalu membayar Rp13.000,00. Andi yang baru datang
menyatakan sangat berminat untuk membeli barang yang sama dengan ketiga anak
itu. Ia lalu bertanya “Jadi, berapa harga satuan dari buku,pulpen, dan pensil?”
Ternyata ketiga anak itu tidak mengetahui harga satuan barang yang mereka beli,
coba kamu bantu mereka menyelesaikan masalah ini!
K.
Pembahasan
1. Misal : jus apel = x
Kue keju =
y
Uang
= Rp7.000,00
3x + 2y
|
=
|
18.000
|
1
|
3x + 2y
|
=
|
18.000
|
||
x + 4y
|
=
|
16.000
|
3
|
3x + 12y
|
=
|
48.000
|
||
|
|
|
-10y
|
=
|
-30.000
|
|||
=
|
3000
|
Substitusikan nilai y ke salah satu persamaan :
x + 4y = 16.000
x + 4( 3000
) = 16.000
x + 12.000 = 16.000
x = 4.000
Model
matematika untuk segelas jus apel dan kue keju yaitu :
x + y = 3.000 + 4.000 = 7.000
Mengetahui, ...........,
......, ....20....
Kepala
SMA/ MA ...... Guru
Mapel Matematika
(....................................)
(........................................)
NIP/
NIK:..................... NIP/
NIK:........................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar